window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Irit dan Mesin Bertenaga Jadi Nilai Lebih Honda Mobilio 

Shorten · 23 Okt, 2020 16:00

Irit dan Mesin Bertenaga Jadi Nilai Lebih Honda Mobilio  01

Honda Mobilio menjadi salah satu model andalan dari pabrikan asal Tokyo, Jepang ini di Tanah Air. Masuk di kelas low multi purpose vehicle (LMPV) membuat mobil ini langsung mendapat perhatian penuh ketika debut perdana tahun 2014 lalu.

Tidak heran kalau kehadirannya sempat menjadi pesaing kuat 'mobil sejuta umat', Toyota Avanza beberapa tahun silam. Meski penjualannya sudah mulai menunjukkan penurunan, kualitas mobil keluarga andalan Honda ini masih bisa dikatakan andal.

Kapasitas 7-penumpang dan penggerak roda depan menjadi salah dua nilai lebih mobil ini yang menjadikkannya pilihan tepat masyarakat Indonesia. Namun keunggulan utama Honda Mobilio sebenarnya terkait efisiensi bahan bakar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Irit dan Mesin Bertenaga Jadi Nilai Lebih Honda Mobilio  01

Ya, Honda Mobilio punya rata-rata konsumsi bahan bakar yang bisa dikatakan jauh lebih irit dibanding pesaing-pesaingnya. Berikut jabaran tentang keunggulan Honda Mobilio dan mengapa ia masih pantas menjadi pilihan di tahun 2020.

Efisiensi Bahan Bakar

Masalah konsumsi bahan bakar menjadi poin penting utama jika kita membicarakan MPV yang satu ini. Hal paling mendasar yang ditawarkan Honda Mobilio yakni efisiensi bahan bakar yang diimbangi dengan tenaga dan torsi yang besar. 

Honda Mobilio menggunakan mesin 1.5L L15Z i-VTEC I4 yang dipadukan dengan teknologi PGM-Fi pada sistem suplai bahan bakarnya. Kombinasi ini lah yang  membuat konsumsi bensinnya tetap efisien. Di atas kertas jantung penggerak yang disematkan ini mampu mengeluarkan tenaga 118 PS pada 6.600 Rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 Rpm, merupakan yang terbesar di kelasnya.

Berdasar praktik di lapangan pun, Honda Mobilio juga terbukti keiritan 'minum' bahan bakarnya. Dalam beberapa seri aktifitas Honda Prospect Motor (HPM-- agen pemegang merek mobil Honda di Indonesia) bersama dengan komunitas Honda Mobilio akhir 2019 kemarin, rekor paling irit mencapai 28 km/liter. Untuk penggunaan dalam kota, konsumsi bahan bakarnya dapat mencapai 19 km/L. Sangat irit untuk sebuah mobil low MPV yang punya output tenaga dan torsi terbesar di kelasnya. Nilai ini juga lebih efisien dibandingkan mobil-mobil lain di segmen ini yang kebanyakan konsumsi bahan bakarnya di kisaran 14 km/L-17 Km/L.

Irit dan Mesin Bertenaga Jadi Nilai Lebih Honda Mobilio  02

Hal ini dimungkinkan berkat pemanfaatan VTEC di mesinnya. Teknologi ini bekerja dengan menyesuaikan bukaan katup bahan bakar (Intake Manifolt). Derajat bukaan katup menyesuaikan kebutuhan torsi dan putaran mesin. Saat mesin bekerja pada putaran rendah, derajat bukaan katup akan terbuka sedikit menyesuaikan kebutuhan udara dan bahan bakar untuk masuk ke ruang bakar. Mekanisme serupa akan berjalan pada saat mesin bekerja di putaran tinggi, dengan bukaan katup yang lebih besar sehingga campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar akan lebih banyak. 

Tidak hanya itu PGM-Fi juga mengambil peran. Teknologi ini ditemukan di sistem injeksi bahan bakar. Tugasnya menyeimbangkan sehingga komposisi antara udara dan bahan bakar berada pada porsi yang sesuai dengan kebutuhan dan putaran mesin. Perkawinan kedua sistem ini membuat Honda Mobilio punya tingkat efisiensi antara bahan bakar dan tenaga terbaik di kelasnya. 

Tidak hanya itu, Honda Mobilio juga punya aerodinamika yang baik berkat dimensi bodi yang lebih rendah dibandingkan dengan kompetitornya. Hal ini membuat Honda Mobilio punya handling yang baik untuk bermanuver untuk perjalanan di dalam maupun luar kota. Aerodinamika dan handling yang baik tersebut, secara tidak langsung juga berdampak pada efisiensi bahan bakarnya.

Interior dan kelegaan dalam kabin

Layaknya mobil Honda lainnya, sisi interior juga mendapat perhatian khusus di Mobilio. Dari segi fitur hiburan, ada head unit dengan konektivitas Bluetooth yang memungkinkan pengendara melakukan panggilan secara nirkabel hanya dengan satu sentuhan, sehingga keamanan berkendara tetap terjaga. Head unit ini juga berfungsi saat pengendara hendak mendengarkan lagu/podcast dari smartphone sepanjang perjalanan. 

Irit dan Mesin Bertenaga Jadi Nilai Lebih Honda Mobilio  03

Masuk di segmen LMPV, daya tampung tentu menjadi salah satu yang ditawarkan. Honda Mobilio punya ruang kabin yang lega hingga baris ketiga. AC double blower juga sudah disematkan, menambah kenyamanan penumpang saat perjalanan jauh. Kapasitas bagasi hingga 223 liter menjadi aspek positif yang memungkinkan untuk membawa banyak barang saat perjalanan jauh, ditambah kursi baris ketiga yang dapat dilipat jika diperlukan ruang bagasi tambahan. 

Desain futuristik

Mengadopsi desain solid wing face di bagian muka membuat Honda Mobilio punya tampilan yang futuristik dengan lekukan-lekukan menyerupai saudaranya HR-V. Garis menajam pada lampu depan membujur sepanjang body hingga ke belakang, menunjukkan aksen dinamis dan futuristik khas Honda. Ditambah dengan rear under spoiler berlapis chrome, yang tentunya akan menambah kesan sporty dan elegan pada bagian belakang mobil. 

Irit dan Mesin Bertenaga Jadi Nilai Lebih Honda Mobilio  04

Desain grille dan bumpernya juga telah disesuaikan dengan basis desain solid wing face. Pelengkap bagian muka, lampu LED light guide sudah disematkan. Untuk memperkuat tampilannya velg 15 inci dengan desain teranyar juga sudah didapatkan.

Harga

Dibanderol dengan kisaran harga Rp 203,4 juta (seri S M/T) - Rp 259 juta (RS CVT), memang Honda Mobilio bukan yang termurah dan cenderung ada di tengah-tengah jika dibandingkan dengan pesainnya di segmen mobil keluarga. Namun mengingat konsumsi bahan bakarnya yang lebih irit, membuat biaya kepemilikan kendaraan secara keseluruhan akan lebih murah nantinya.

Jangan lupakan juga paket biaya servis yang ditawarkan HPM. Terdapat beberapa pilihan yang mebuat konsumen hanya perlu membayar biaya di awal untuk mendapat garansi servis dan bebas biaya layanan selama empat tahun atau 50 ribu kilometer.

(Baca juga: Ketahui Biaya Servis Honda Mobilio, Lebih Murah Pakai Paket Servis)

Kesimpulan

Menawarkan efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya dengan spesifikasi mesin yang juga lebih unggul membuat Honda Mobilio bisa menjadi pilihan tepat, apalagi di masa sulit seperti saat ini. Selain itu bagian dalam kabin yang nyaman dan lega ala Honda juga patut menjadi pertimbangan.

Sedikit catatan negatif, mungkin terkait desainnya yang sebenarnya sudah lama tidak mendapat perombakan besar-besaran dan mulai membosankan. Namun masalah desain terkait dengan selera masing-masing orang. Jadi kalau kamu tidak ada masalah dengan desainnya, Honda Mobilio adalah pilihan terbaik dari sisi efisiensi dan mesin.
 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Mobilio S MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil